Phone: +62 8969 253 5753
e-mail: azkamunaza@gmail.com

Bootable Windows 7 dan 8 dengan Command Prompt / Tanpa Aplikasi bootable

Cara membuat instalasi windows lewat flashdisk (bootable flashdisk) cukup mudah. tanpa aplikasi tambahan untuk membuat bootable pun bisa, yaitu dengan cara aplikasi bawaan dari windows itu sendiri cmd / command prompt. cara ini digunakan untuk Bootable Windows 7, 8 dan diatasnya, dan untuk windows xp anda harus menggunakan alat lain, seperti dg windows 98 atau dengan aplikasi SARDU atau lainnya.
Lets go:
NB: >> Terdapat proses format, jadi amankan data anda yg berada di flashdisk
       >> Jika anda sudah pernah melakukan langkah 1 - 10, maka usahakan jangan di format flashdisk anda setelah itu untuk menghapus data windaws karena sudah tidak dibutuhkan lagi, tapi hapuslah dengan cara manual CTRL + A (blok semua file) kemudian DEL. ini dimaksudkan agar anda tidak perlu mengulang langkah-langkah tersebut dari awal bila anda ingin membuat bootable windows lagi, anda hanya cukup melakukan langkah 11 - 14 saja, atau terkadang bisa juga hanya dg langkah terakhir saja yaitu copy-kan semua file windowsnya ke flashdisk.

    1. Masukkan flash disk dengan minimal space 4GB yang masih kosong karena akan dijadikan bootable             flash disk.
    2. Buka Command Prompt dengan cara klik [Start] dan ketik [CMD] dalam kotak search lalu tekan                 [Enter]. Alternativelain adalah melalui ; Start >All programs>Accessories> klik kanan pada Command           Prompt dan pilih [run as administrator].
    3. Di jendela Command Prompt ketik: DISKPART lalu klik [Enter],
    4. Ketik  : LIST DISK lalu klik [Enter].
    5. SELECT DISK 1 lalu klik [Enter], (nomor 1 adalah sesuai nomor flash disk Anda )
    6. CLEAN lalu klik [Enter],
    7. CREATE PARTITION PRIMARY lalu klik [Enter],
    8. SELECT PARTITION 1  lalu klik [Enter],
    9. ACTIVE lalu klik [Enter],
    10. FORMAT FS=NTFS lalu klik [Enter], (mohon sabar karena proses format akan memakan waktu               beberapa puluh menit baru Anda ketik perintah selanjutnya)
          ASSIGN lalu klik [Enter],
          EXIT lalu klik [Enter],
    11. Mount file iso win 8 dg virtual cd / masukan cd win_nya
    12. kembali ke commandPrompt dan  tulis G: CD BOOT enter (G: adl virtual)
    13. ketik BOOTSECT.EXE /NT60 J: (J: adl Flashdisk)
    14. kemudian copikan semua file iso'nya (semua file windowsnya) Artikel berikutnya »

0 comments: